Makanan Untuk Menurunkan Gula Darah

Mengatur asupan makanan dari makanan yang banyak mengandung gula serta membatasi atau mengurangi asupan gula merupakan langkah terbaik untuk melindungi kesehatan tubuh dari penyakit gula setidaknya menurunkan resiko lebih rendah dari penyakit gula.

Pada dasaranya penderita penyakit gula atau diabetes dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan seperti layaknya orang yang tidak memiliki penyakit gula, namun hal yang harus ditekankan adalah membatasi jumlah asupan makanan yang mengandung gula, lemak dan makanan yang mungkin mengandung garam tinggi.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes atau yang memiliki penyakit gula untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebih dan tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat, antara lain :

1. Labu pahit (Karela)

Jika salah satu anggota keluarga ada yang menderita diabetes, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi labu pahit ini yang dapat diolah menjadi sayuran yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah berlebih dari dalam tubuh.

Hal yang harus dihindari adalah jangan mengkonsumsi obat penurun gula darah pada saat mencoba mengkonsumsi labu pahit ini karena akan membuat gula darah turun secara cepat.

2. Gandum

Cobalah untuk mengganti beberapa produk makanan anda dengan produk makanan yang berasal dari gandum. Gandum mengandung banyak vitamin essensial, mineral dan serat alami. Gandum juga mengandung karbohidrat sederhana yang kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi bagi energi tubuh dan mengendalikan gula darah tetap dalam batas normal.

3. Apel

Buah apel merupakan buah yang menyegarkan banyak mengandung serat, air serta mengandung pektin tinggi yang dapat mebantu tubuh untuk menurunkan insulin. Pada sebuah studi di tahun 2005 menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi 1 apel dalam sehari dapat menurunkan gula darah sebanyak 28 % terutama pada mereka yang memiliki diabetes tipe 2 dibanding dengan mereka yang tdak makan apel sama sekali.

4. Kacang

Konsumsi makanan jenis kacang-kacangan dapat membantu tubuh untuk memyeimbangkan gula darah ditambah apabila dikonsumsi usai makan karena kacang memiliki sifat sebagai serat yang mudah larut dalam dan diserap oleh sistem pencernaan dan jantung. Terutama bagi mereka yang memiliki resistensi insulin, hipoglikemia atau diabetes ringan.

5. Kayu manis

Kayu manis yang termasuk dalam bahan pelengkap dari bumbu masakan atau yang biasa digunakan untuk tambahan aroma dalam sebuah jenis makanan. Kayu manis memiliki senyawa aktif methylhydroxy-chalcone polimer (MHCP) yang meniru efek insulin, dan bekerjasama dengan insulin dalam sel.

6. Ikan

Ikan merupakan jenis makanana yang sangat baik dan patut untuk dikonsumsi setiap harinya kandungan utama dari ikan yang sangat bermanfaat adalah omega 3 yang didalamnya mengandung lemak sehat yang membantu mengurangi resiko dari penyakit jantung, stroke (kelemahan pada otak), mengurangi peradangan dan meningkatkan resistensi insulin terhadap penyakit gula atau diabetes. Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan tuna dan ikan salmon.

7. Cabai

Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Australia yang diterbitkan dalam sebuah Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan bahwa menyertakan cabai dalam menu diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah seusai makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

8. Fenugreek

Fenugreek, selain mengandung banyak serat yang sangat penting bagi penderita diabetes, dapat menurunkan resistensi insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah.

9. Brokoli

Brokoli yang termasuk dalam sayuran hijau yang segar dan kaya manfaat merupakan sumber terbaik dari kromium dan mineral yang membantu mengendalikan insulin dan gula darah dalam tubuh. Brokoli akan lebih enak dan lebih kaya manfaat apabila dimakan mentah atau direbus setengah matang.

10. Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Apabila dikombinasikan dengan flavonoid maka akan memainkan peran penting dalam menurunkan kadar glukosa. Allicin dapat digabungan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

11. Kedelai

Kedelai sedikit mengadung pati namun diperkaya dengan serat dan protein yang cukup tinggi yang memberi manfaat menurunkan ekskresi urine pada meraka yang menderita diabetes.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menurunkan Gula Darah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>