Cara Menurunkan Gula Darah Diabetes

Cara Menurunkan Gula Darah Diabetes – Tingginya kadar gula darah merupakan masalah utama pada diabetes. Riset membuktikan bahwa serat memiliki efek kuat terhadap pengendalian gula darah. Penderita-penderita diabetes yang mengonsumsi total serat 50 gram sehari sama dengan 7-8 porsi buah dan sayuran aliasf diet tinggi serat mempunyai kadar gula darah lebih rendah dan lebih stabil dairpada penderita-penderita diabetes yang mengonsumsi diet moderat serat. Diet tinggi serat juga menurunkan kadar kolesterol total darah sekitar 7%.

Cara Menurunkan Gula Darah Diabetes

Cara Menurunkan Gula Darah Diabetes

Penyakit Gula Darah

Bagaimana mekanisme tepatnya konsumsi makanan tinggi serat dapat memperbaiki pengendalian gula darah, belum jelas. Namun, hal tersebut diduga disebabkan oleh serat larut jenis gum dan pektin yang dapat memperlambat pengosongan lambung dan bahkan memperlambat atau menurunkan penyerapan gula darah.

Pemeriksaan darah untuk mengukur kadar gula darah dianjurkan dilakukan setiap tahun bagi mereka yang berusia di atas 45 tahun. Lebih awal lagi bagi wanita dengan faktor risiko tinggi, misalnya yang memiliki riwayat kelurga penderita diabetes dan pengidap kelebihan berat badan.

Untuk memeriksa kadar gula darah paling baik adalah di pagi hari. Saat ketiak kadar glukosa berada pada tingkat tertinggi. Pada sebuah studi dengan 13.000 responsden dewasa ditemukan fakta bahwa pada pemeriksaan siang hari, dokter akan mengalami kesalahan dalam diagnosa, karena menemukan kadar gula darah yang lebih rendah daripada yang sebenarnya. Karena hal tersebut, dokter bisa gagal menurunkan kadar gula darah pasiennya. Dengan harus puasa selama 12 jam sebelum pengambilan darah, pemeriksaan pada pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk mengetahui kondisi diabetes yang sebenarnya.

Jangan melakukan tes ini ketika sakit atua stres, karena kondisi tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara berlebihan. Hindari juga olahraga berat sehari sebelumnya, karena dapat menurunkan angka pengukurannya untuk sementara. Pengerahan tenaga fisik yang berat akan membakar lebih banyak glukosa untuk energi. Anda boleh berolahraga di treadmill selama 20 menit, tetapi jangan olahraga lari lebih dari 30-45 menit.

Pada orang yang normal, glukosa tidak ada dalam urine. Jika diabetes terkendali, glukosa juga tak terdeteksi pada urine. Pengujian darah selain menggunakan lembar uji, juga dibutuhkan suatu alat pengukur khusus yang bisa membaca perubahan warna pada lembar uji tersebut dan mencatat secara tepat tingkat kadar glukosa dalam darah. Ini memungkinkan sang pasien untuk mengetahui apakah gula darah masih dalam jangkauan normal atau tidak.

Cara Menurunkan Gula Darah

Cara menurunkan gula darah diabetes salah satunya dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang bisa membantu membuat gula darah Anda tetap dalam keadaan stabil. Beberapa jenis makanan cara menurunkan gula darah diabetes adalah :

  1. Oats
    Oats memang merupakan salah satu jenis makanan karbohidrat. Namun oats juga merupakan jenis makanan dengan golongan karbohidrat yang baik yang mengandung kandungan serat larut yang tinggi, lambat dicerna dan tidak akan menyebabkan terjadinya kenaikan pada gula darah dengan drastis. Bukan hanya itu saja, karbohidrat yang berkualitas tinggi oats juga bisa memberikan sumber energi yang sifatnya lebih stabil untuk tubuh kita dan bisa membantu menurunkan berat badan. Serat yang bisa larut di dalam oats juga bisa menjaga kita untuk agar tetap dalam keadaan kenyang lebih lama lagi. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seseorang penderita penyakit diabetes tipe 2 yang cenderung akan terjadinya obesitas. Pada saat berat badan menurun, maka biasanya penderita penyakit diabetes yang lebih baik lagi dengan menjaga kadar gula darah mereka.
  2. Menambahkan makanan dengan kandungan sayuran tidak bertepung ke dalam menu harian Anda seperti brokoli, bayam dan juga kacang hijau. Jenis makanan ini merupakan makanan dengan kandungan serat yang tinggi dan merupakan salah satu jenis makanan yang rendah akan karbohidrat sehingga sangat baik sekali untuk mereka yang menderita penyakit diabetes. Dan sebaliknya adalah sayuran yang mengandung kandungan tepung seperti kentang, kentang manis dan juga jagung jangan dihindari. Namun Anda harus mengontrol porsinya untuk mencegah terjadinya kenaikan gula darah dan sebagai salah satu cara menurunkan gula darah diabetes. Salah satu riset yang dilakukan menemukan bahwa pola makan vegetarian yang rendah lemak akan membantu cara menurunkan gula darah diabetes dan membantu mengatasi penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 untuk membantu menjaga keadaan penyakitnya agar lbih baik lagi. Dan salah satu studi yang dilakukan menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mengikuti menu ini maka akan mengalami suatu penurunan dalam kebutuhan dari konsumsi obat.
  3. Strawberry
    Untuk beberapa orang yang menderita penyakit diabetes, maka kebanyakan mereka juga menghindari buah strawberry ini hal ini disebabkan karena mereka menganggap rasanya manis. Namun jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat maka buah strawberry ini tidak akan menyebabkan kenaikan pada kadar gula darah. dan juga tidak menyebabkan resiko penyakit diabetes semakin parah. Selain itu, buah strawberry mengandung kandungan kalori yang rendah dengan kandungan serat serta air yang tinggi sehingga bisa membantu meninggikan rasa kenyang agar lebih lama lagi.

Itulah informasi mengenai penyakit diabetes dan penyakit gula serta cara menurunkan gula darah diabetes secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Cara Menurunkan Gula Darah Diabetes


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menurunkan Gula Darah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>